Home » » Inilah Gempa-gempa Terdahsyat di Bumi

Inilah Gempa-gempa Terdahsyat di Bumi

Written By Kepri Online on Saturday, March 12, 2011 | 07:37

Gempa berkekuatan 8,9 skala Richter yang mengguncang Jepang mengingatkan kembali pada trauma gempa dan tsunami di Aceh, Indonesia.

Tak satupun kekuatan serta kecanggihan teknologi yang diciptakan manusia mampu membendung kekuasaan dan kekuatan Tuhan.

Sebagai makhluk ciptaan Tuhan, selayaknya kita mengambil hikmah dari banyaknya musibah yang melanda dunia, tidak terkecuali di Indonesia.

Manusia sudah seharusnya merenungkan kembali bahwa sebagai makhluk Tuhan, kita adalah makhluk yang lemah yang tidak pernah lepas dari kekuasaannya. Inilah bentuk teguran dan ujian dari Tuhan Yang Maha Esa.

Berikut daftar gempa terdahsyat di muka bumi, seperti dilansir situs www.antaranews.com :

1. Gempa di Chile pada 22 Mei 1960 : gempa berkekuatan 9,5 skala Richter ini menimbulkan gelombang pasang dan erupsi vulkanik. Sedikitnya 5.000 orang tewas dan dua juta warga kehilangan tempat tinggal dalam musibah ini.

2. Gempa di Alaska pada 28 Maret 1964 : 125 orang tewas dalam gempa berkekuatan 9,2 skala Richter, kerugian material mencapai USD310 juta, gempa ini menerjang Alaska, wilayah Ykon dab British Columbia di Kanada.

3. Gempa di Samudra Hindia Indonesia pada 26 Desember 2004 : Gempa 9,1 skala Richter yang menimbulkan tsunami ini meluluhlantakkan Aceh, Sri Lanka, Thailand, dan sembilan negara lainnya. Sekitar 226 ribu orang tewas dalam musibah ini.

4. Gempa di Rusia pada 4 November 1952 : Gempa berkekuatan 9,0 skala Richter ini menjangkau Hawaii, Amerika Serikat, namun tidak ada korban jiwa dalam musibah ini.

5. Gempa di Jepang pada 11 Maret 2011 : Berkekuatan 8,9 skala Richter, ratusan orang meninggal dunia dan kemungkinan jumlah korban jiwa terus bertambah seiring dilakukannya proses evakuasi dan pencarian korban yang hilang. Gempa ini berlokasi pada 81 mil arah timur Sendai yang berada di Pulau Honshu pada kedalaman 15,1 mil atau 24 kilometer.

6. Gempa di Chile pada 27 Februari 2010 : Berkekuatan 8,8 skala Richter, lebih dari 500 orang tewas dengan kerugian mencapai USD30 miliar serta meluluhlantakkan ratusan ribu rumah, jalan dan jembata.

7. Gempa di Ecuador pada 31 Januari 1906 : Berkekuatan 8,8 skala Richter, tsunami yang dihasilkan dalam gempa ini menewaskan lebih dari 1.000 jiwa.

8. Gempar pada 4 Februari 1965 di Alaska : Berkekuatan 8,7 skala Richter yang memicu tsunami.

9. Gempa di Sumatra, Indonesia pada 28 Maret 2005 : Berkekuatan 8,7 skala Richter menewaskan lebih dari 1.300 jiwa di Pulau Nias, Sumatra Utara.

10. Gempa pada 9 Maret 1957 di Alaska : Berkekuatan 8,6 skala Richter, meluluhlantakkan Kepulauan Andreanof. Gunung api Vsevidof meletus setelah tidak beraktivitas selama 200 tahun, memicu gelombang tsunami setinggi 15 meter.

11. Gempa di Tiber, India pada 15 Agustus 1950 : Berkekuatan 8,6 skala Richter. 1.500 orang tewas, dua ribu rumah, tempat ibadah hancur akibat getaran musibah tersebut.

blog counter
Share this article :

7 comment:

Pedagang Melayu said...

walaupun terjadinya di jepang kita harus tetap menginterospeksi diri dan berempati, bayangkan kalau hal itu terjadi didaerah kita ini..

tutopod said...

gempa dahsyat yang tiba-tiba terjadi pada hari jumat... semoga warga disana telah siap dan mengamankan diri mereka...

rezaprama|bloggersmp said...

semoga kita dapat mengambil hikmah yang ada,, amin,, saya beri ki$$ juga anda

Zona Indonesia said...

Kita berpikir bahwa Tsunami di Aceh adalah yang terbesar...!! Mudah mudahan kedepan tidak asa lagi Tsunami yang sebesar itu :) Peace

Wisata Murah said...

semoga ini tsunami yang terakir dimuka bumi

Khabar Dari Produksi said...

Subhanallah.... sungguh besar kekuasaanNYA, tdk ada yg bisa membendung, manusia hanya bisa pasrah dalam doa...

Kang Epul said...

Saatnya umat manusia untuk berinstrosfeksi diri tentang semua kesalahan dan dosa yang telah diperbuat.
Sehingga Allah memberikan peringatan yang begitu dasyat....

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kepri Online - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger