Home » » Makna Tahun Kelinci Emas 2562/2011

Makna Tahun Kelinci Emas 2562/2011

Written By Kepri Online on Friday, February 4, 2011 | 04:48

Kesenian Khas Tionghoa ''Barongsai''
3 Februari 2011 merupakan hari pertama Tahun Baru Kelinci Emas 2562, warga Karimun, Provinsi Kepulauan Riau menyambutnya dengan suka cita dan penuh antusias.

Pesta petasan kembang api digelar di malam pergantian tahun yang dilanjutkan dengan pertunjukan seni barongsai pada siang hari.

Bagi warga Tionghoa, tahun Kelinci Emas diharapkan memberikan perubahan bagi kehidupan, baik individu, sosial maupun kehidupan berbangsa dan bernegara.

Rudi,warga Tionghoa mengatakan, hari pertama tahun Kelinci Emas diisi dengan doa dan sembahyang di tempat-tempat peribadatan.

''Makna pergantian tahun merupakan momentum agar hidup lebih baik. Apalagi tahun ini merupakan tahun kelinci emas yang mempunyai makna tersendiri bagi warga Tionghoa,'' katanya.

Tahun Kelinci Emas yang menggantikan tahun Macan Emas, merupakan binatan keempat dalam urutan sistem penanggalan China atau dikenal dengan Shio yang dilambangkan dengan 12 binatang.

Kelinci, merupakan hewan yang sudah sejak lama menjadi peliharaan manusia. Kelinci merupakan hewan mamalia yang termasuk dalam famili Leporide, satu famili dengan Truwelu.

Di Indonesia, terdapat kelinci Sumatra (Nesolagud Netseherischgel), satu-satunya kelinci endemik Indonesia yang hanya ditemukan di Sumatra. Sedangkan Kelinci Jawa atau India (Lepus nigricollis), juga hidup di Bangladesh, India, Nepal, Pakistan, dan Sri Lanka.

Hidup seekor kelinci antara 5-10 tahun dengan usia dewasa ketika berumur 10-12 bulan.

Kelinci betina dewasa mempunyai masa bunting rata-rata 29-30 hari dan mampu melahirkan antara 4-10 ekor bayi kelinci dalam satu masa kehamilan. Frekuensi, masa hamil, dan jumlah bayi yang dilahirkan seekor kelinci memang sangat tinggi.

Tahun Baru Imlek 2562 merupakan tahun Shio Kelinci Emas. Warga Tionghoa meyakini seseorang yang memiliki shio ini merupakan seorang yang pendiam, retrospektif, bertenggang rasa, anggun, sopan-santun, nasihat baik, kebaikan dan kepekaan terhadap segala bentuk keindahan.

Anda yang lahir pada 2011, 1999, 1987, 1975, 1963, 1951, 1939, 1927, 1915, dan 1903 berada di bawah naungan shio Kelinci.

Gong Xi Fat Cai... Selamat tahun baru Imlek 2562, selamat tahun Kelinci Emas.

blog counter

Share this article :

1 comment:

Aryes Novianto said...

berkunjung mas kepri, o ya makasih atas kunjungannya. link sudah saya tambahkan di sidebar link sahabat. jika ada script banner hubungi saya nanti saya pasang bannernya. makasih. salam persahabatan

Aryes Novianto
Owner BLOG MEDIA

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kepri Online - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger